Warga Kelurahan Kesenden Sulap Sampah Jadi Perabotan hingga Hiasan Rumah

Warga Kelurahan Kesenden Sulap Sampah Jadi Perabotan hingga Hiasan Rumah

CIREBON - Inovasi sekaligus melestarikan lingkungan hidup bisa dilakukan dalam beragam cara. Contohnya sekelompok ibu-ibu rumah tangga di Kampung Kebon Benteng, RW 04, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksaan, Kota Cirebon yang menyulap sampah menjadi beragam perabotan rumah tangga termasuk hiasan rumah.

Ibu-ibu kelompok bank sampah Nusa Indah ini berupaya memanfaatkan sampah plastik menjadi hiasan rumah tangga. Sehingga sampah yang sulit terurai itu memiliki nilai manfaat, salah satunya seperti hiasan vas bunga.

\"Sebagian hasil karya kerajinan dari sampah ini sudah sempat laku terjual dan hasilnya diberdayakan kembali untuk kepentingan warga di Kampung ini seperti kebutuhan makanan tambahan bagi lansia dan dibelikan susu untuk balita,\" ujar Rumini selaku Ketua Kelompok Bank Sampah Nusa Indah kepada radarcirebon.com, Jumat (27/11).

Baca juga:

Organisasi Islam Terkaya Dunia dengan Pemimpin Paling Sederhana di Dunia

Rusak Kantor Pembiayaan di Kedawung, 5 Oknum Anggota LSM Diringkus Polisi

Pak Haji Nikahi Gadis Cantik, Maharnya Bikin Melongo

Rumini mengaku kebingungan dalam memasarkan produk kerajinan daur sampah tersebut.

\"Harapan kami, Pemerintah Kota Cirebon maupun pihak Kelurahan Kesenden bisa membantu kami dalam memasarkan produk-produk yang kami buat ini,\" katanya.

Sementara itu, Eni Rohaeni selaku Sekertaris Kelurahan Kesenden menuturkan, bank sampah ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memilah sampah yang masih bisa dimanfaatkan.

\"Sehingga sampah rumah tangga tidak membuat pencemaran lingkungan,\" tuturnya. (rdh)

https://youtu.be/YwDtt0O7bjY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: